Jawaban Ulangan Informatika - Aurellia Shafina 8A 09

Nama: Aurellia Shafina
Kelas: 8A
Absen: 9

Jawaban ulangan harian Informatika:

1. 8 elemen informatika:
Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). 

2. Ya, dengan memerankan diri kita sebagai komputer, kita dapat memahami sistem komputasi. Selain memelajari bagaimana cara menggunakann komputer, kita juga perlu bermain, mengalami, berpikir, melakukan refleksi, merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi komputer.

3. 6 prinsip informatika:
- Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar
- Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
- Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari
- Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikir kan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat memban tuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan seba liknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?
- Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk
- Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.

4. Pembelajaran secara unplugged dapat dilakukan misalnya dengan menyelesaikan persoalan sehari-hari menggunakan cara berpikir komputasional dan memahami konsep informatika. Seperti menghitung waktu berangkat ke sekolah dan lain-lain.

5. 6 dimensi profil pelajar pancasila:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
- Berkebinekaan global
- Bergotong royong
- Mandiri
- Bernalar kritis
- Kreatif

6. Sudah. Karena saya sudah beribadah setiap hari yang menunjukkan profil beriman. Saya juga menggunakan produk-produk dalam negeri sebagai bentuk berkebinekaan global. Saya juga melakukan kerja kelompok dengan baik sebagai bentuk bergotong royong. Saya bisa mengerjakan tugas sendiri sebagai bentuk kemandirian. Saya sering bertanya sebagai bentuk bernalar kritis. Tidak lupa juga, saya mengerjakan tugas informatika dengan kreatif menunjukkan profil pelajar pancasila yang terakhir.

7. Selama kelas 7 saya pernah membuat presentasi tentang Konsep Pembelajaran Informatika, Berpikir Komputasional, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta membuat beberapa pertanyaan seputar Informatika.

8. Ya, sudah. Saya sudah menerapkan konsep algoritma dengan menemukan langkah-langkah yang disusun untuk menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga sudah menetapkan konsep optimasi penjadwalan dengan menulis dan mengatur jadwal saya sehari-hari agar tidak bertabrakan waktunya. Selain itu, saya sudah menerapkan konsep struktur data seperti membuat list belanjaan. Saya juga sudah menerapkan konsep representasi data dengan melakukan riset sebelum menjawab pertanyaan. Terakhir, saya bisa mengefisienkan waktu dalam mengisi ember seperti yang ada di soal berpikir komputasional.

9. Word, Excel, dan Powerpoint.

10. Saya sudah mengerjakan tugas pertemuan 1, 2, dan 3. Berikut alamat blog saya https://aurellialabs.blogspot.com/

11. Cover buku depan: 

                                                      


Cover buku belakang: 


12. Peta konsep Informatika:


13. Berpikir Komputasional. Karena saat belajar berpikir komputasional saya merasa tertantang dengan soal-soalnya yang rumit dan setelah memahaminya saya merasa itu yang paling berkesan.

14. Berpikir Komputasional. Karena elemen tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

15. Jadwal pelajaran:


16. Saya akan mendapatkan 3 bungkus gula pasir. Serta, saya masih memiliki sisa uang kembalian Rp.10.000. 
Cara: 1 bungkus gula pasir seharga Rp.30.000 maka 3 bungkus seharga Rp.90.000. Karena uang yang diberikan Ibu berjumlah Rp.100.000, maka Rp.100.000 dikurang Rp.90.000 masih tersisa uang kembalian Rp.10.000.

17. Jawaban yang tepat adalah B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ke lubang input nomor 2. 

18.  


19. Cara membuat mie goreng:
- Siapkan alat dan bahan serta sebungkus mie goreng
- Buka bungkus mie goreng kemudian keluarkan bumbunya
- Rebus mie goreng sampai mendidih
- Tiriskan mie goreng
- Tuangkan bumbu ke mie goreng kemudian aduk hingga rata
- Mie goreng siap disajikan

20. https://www.slideshare.net/AurelliaS1/20-kunjungan-museumpdf

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hari Pertama PTM

Pertemuan Kedua Semester 2 Informatika