Pertemuan Pertama Semester 2 Informatika

Pertemuan Pertama Semester 2 Informatika
Aurellia Shafina 8A/09


Ada delapan elemen Informatika, yang terdiri dari:
  1. Berpikir Komputasional (BK)
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  3. Sistem Komputer (SK)
  4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
  5. Analisis Data (AD)
  6. Algoritma dan Pemrograman (AP)
  7. Dampak Sosial Informatika (DSI)
  8. Praktik Lintas Bidang (PLB)
Dari kedelapan elemen di atas, semuanya ada dalam buku Informatika, yang dapat diakses pada link:


Rangkuman Bab 6 Analisis Data (AD)
Aurellia Shafina 8A/09


Tujuan dari mempelajari Analisis Data adalah supaya mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.

A. Apa itu Data?
Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian. Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer. Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik. Data dapat direkam atau di-input, disimpan, dan ditampilkan. Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB dengan ekuivalensi sebagai berikut.

B. Apa itu Analisis Data?
Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis. Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan, atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola ini. Orang menggunakan data untuk menyoroti atau mengusulkan hubungan sebab-akibat dan memprediksi hasil. Menyimpulkan data tidak selalu menghasilkan sesuatu yang akurat, untuk menghasilkan simpulan yang akurat, data harus relevan dan jumlahnya mencukupi. 

C. Apa itu Interpretasi Data?
Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu, juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna. Prosesnya ialah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

Menganalisis dan menginterpretasi data berfungsi untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan

D. Kegiatan Analisis Data
Merekam, meng-input, dan memasukkan data hasil pengamatan atau data yang berasal dari sumber yang diberikan ke dalam format yang dapat diproses oleh komputer. 

1. Pencarian Data
Pencarian data dalam lembar kerja dapat menggunakan dua fungsi, yaitu: fungsi lookup dan fungsi reference. Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Fungsi Lookup terdiri atas fungsi vlookup dan Hlookup. Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal. 

Reference artinya mengacu pada sesuatu. Fungsi Reference terdiri atas match, index, dan choose. Fungsi Reference akan menunjukkan posisi data dalam suatu range data. 

2. Visualisasi Data
Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data memudahkan untuk memahami makna data yang ada, biasanya kegiatan ini disebut dengan analisis data. 

3. Peringkasan Data
Dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Ada beberapa cara untuk melakukan peringkasan data, antara lain menggunakan fungsi kalkulasi data berkondisi (SUMIFS dan COUNTIFS), pivot tables, dan tables otomatis dari perangkat pengolah data.  

Berikut, disertakan video YouTube tentang Analisis Data,




Rangkuman ini ditulis berdasarkan:
Buku Informatika Kelas VIII-Kemdikbud oleh Maresha Caroline Wijanto, dkk.
Buku Informatika Kelas VIII-Kemdikbud oleh Vania Natali, dkk.

Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Hari Pertama PTM

Rangkuman BAB 7 Informatika