UH INFORMATIKA BAB 6

Aurellia Shafina 8A/09
UH INFORMATIKA BAB 6 ANALISIS DATA


  1. Apakah tujuan belajar Analisis Data?
    Agar mampu mengolah dan menganalisis sekumpulan data, lalu menampilkannya dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dengan menggunakan tools pengolah lembar kerja.

  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    Jika banyak data, maka memerlukan aplikasi pengolah lembar kerja agar data efisien dan akurat.

  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
    Vlookup dan Hlookup adalah bagian dari fungsi Lookup untukn mencari nilai pada kolom atau baris tertentu.

  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
    Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu

  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
    SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat digunakan pada aplikasi pengolah lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.

  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
    Meringkas data agar hanya menampilkan data yang diperlukan.

  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
    Untuk membantu mengolah data.

  8. Apa itu Interpretasi Data?
    Interpretasi data artinya menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna. Prosesnya dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

  9. Sebutkan 5 Perkakas Pengolah Lembar Kerja!
    1. Microsoft Excel
    2. Google Sheets
    3. Lotus 123
    4. Kspread
    5. StarOffice Calc

  10. Sebutkan 5 Pengolahan Data Dasar!
    1. Sum dan Count
    2. SUMIF
    3. COUNTIF
    4. Operator Aritmatika (tambah, kurang, kali, bagi)
    5. Date & Time

  11. Apa yang dimaksud dengan duplikasi data?
    Kondisi ketika satu atribut memiliki dua atau lebih nilai yang sama, hanya saja pada data rangkap apabila nilai tersebut dihapus tidak akan ada informasi yang hilang. Data rangkap merupakan data duplikasi yang tidak perlu.

  12. Apa yang dimaksud dengan Worksheet?
    Worksheet adalah suatu lembar kerja yang digunakan sebagai pengolah data. Setiap workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column. 

  13. Bagaimana cara melakukan pengurutan/sorting Data?
    Mengurutkan Data Berdasarkan 1 Kolom:
    1. Klik salah satu cell di kolom Jumlah. Lalu, pada tab Home kategori Editing, pilih Sort & Filter.
    2. Apabila data berupa angka, sorting dapat dilakukan sehingga data terurut dari terkecil atau terbesar.
    3. Apabila data berupa teks, sorting dapat dilakukan sehingga data terurut dari A-Z maupun Z-A.
    4. Pengurutan dari data paling kecil lalu makin membesar disebut ascending. Adapun pengurutan kebalikannya, yaitu dari data paling besar lalu makin mengecil disebut descending.

  14. Bagaimana cara melakukan filtering/penyaringan data tertentu?
    Filtering dapat digunakan apabila data yang ingin ditampilkan memenuhi kriteria tertentu saja tanpa menghapus data yang lainnya. 
    1. Data yang ditampilkan hanya yang memiliki kriteria yang dipilih. Pilih kolom data yang ingin di-filter, pada menu Sort & Filter, pilih Filter.
    2. Ciri penggunaan fitur filter adalah header table data ada tanda panah drop down list.
    3. Apabila tanda tersebut dipilih (klik), akan menampilkan pilihan data yang ada di kolom tersebut secara keseluruhan. Pada pilihan, juga akan ada pilihan (Select All), yang artinya apabila dicheck, semua pilihan juga akan di-check. Jika ada yang tidak ingin ditampilkan sementara, uncheck saja pilihan datanya.

  15. Apa itu Validasi data (data validation)?
    Validasi data (data validation) adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang dimasukkan ke dalam lembar kerja. Data yang dimasukkan oleh pengguna dapat dibatasi berdasarkan syarat tertentu. Data yang tidak memenuhi syarat tidak dapat di-input.

  16. Apa yang dimaksud dengan Share data?
    Share data yang dimaksud adalah data hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin ke aplikasi lainnya (copy). 

  17. Apa yang dimaksud dengan Print Title?
    Print Title adalah cara untuk mengatur baris dan kolom tertentu agar dapat selalu tercetak otomatis walaupun berpindah halaman. Biasanya, yang selalu tercetak dalam tiap halaman ialah header dari table sehingga memudahkan pembacaan data hasil cetak.

  18. Bagaimana cara meng-copy data?
    Data yang sudah dibuat dalam workbook ini dapat di-copy juga di dokumen lainnya. Ada 2 cara untuk melakukan copy dokumen, yaitu menggunakan paste dan paste link. Jika menggunakan paste biasa, apabila datanya berubah di workbook, di dokumen salinan (hasil copy-nya) pun harus diubah satu per satu. Jika menggunakan paste link, kalian hanya perlu update tablenya saja.

  19. Apa yang dimaksud dengan Protect?
    Protect berguna untuk mengamankan dokumen dengan password. Pengguna bisa memilih yang diamankan apakah hanya sheet tertentu saja atau keseluruhan workbook.

  20. Bagaimana cara melakukan Analisis Data Unplugged (tanpa komputer)?|
    Jika di sekolah tidak tersedia komputer dan aplikasi lembar kerja, kalian dapat tetap belajar analisis data secara unplugged (tidak memakai komputer). Caranya dengan menyimulasikan lembar kerja dalam selembar kertas manila dan dengan menggunakan sticky notes. 

Comments

Popular posts from this blog

Hari Pertama PTM

Rangkuman BAB 7 Informatika